Etika Makan Orang Jepang

Selamat datang di halaman kami! Orang Jepang sangat memperhatikan etiket makan, baik saat di rumah maupun di restoran. Kami akan membahas norma-norma dasar etiket makan, tata cara makan yang benar, serta peralatan makan yang digunakan.Cari Tahu Lebih Lanjut.

Menyantap Makanan dengan Etiket

Orang Jepang mengajarkan cara santap makanan yang benar, dengan menjunjung tinggi sopan santun. Di sini Anda akan belajar dengan rinci norma-norma dasar etiket makan orang Jepang dan juga peralatan makan yang digunakan.

Sopan Santun

Sebagai tamu, tampilkanlah rasa sopan santun Anda, seperti menundukkan kepala saat bersin atau batuk dan dengan sopan mengucapkan terima kasih setelah makan.

Wasabi

Jangan menambahkan wasabi ke dalam shoyu muatan di piring kecil. Sebaliknya, ratakan wasabi dengan sumpit dan celupkan ke dalam shoyu sesuai selera.

Berapa Porsi?

Usahakan mengambil makanan dengan sebagian besar di piring orang, dan makan dengan perlahan supaya semua tamu bisa mencicipinya.

Sumpit

Sumpit harus diletakkan dengan benar tanpa memegang ujung dan letakkan sumpit saat tamu beristirahat.

Tata Cara Makan yang Benar

Tata cara makan yang benar sangat penting, terutama saat makan di restoran Jepang. Di sini Anda akan belajar dengan rinci tata cara makan yang benar.

Berdoa Terlebih Dahulu

Sebelum makan, orang Jepang biasanya membungkuk dan menyebut “itadakimasu” untuk menyampaikan rasa syukur dan penghargaan kepada yang memberi makanan.

Cara Makan Miso

Orang Jepang menikmati miso dengan sendok yang ada atau menggunakan sumpit untuk mengekstraksi kembang tahu dan kacang yang biasanya menyertai miso.

Cara Makan Sushi

Anda dapat memakan sushi dengan tangan atau sumpit. Ketahuilah bahwa sushi yang sudah dicelupkan ke dalam saus akan dianggap tidak sopan jika di dalam celupan masih berbaki saus.

Etiket Makan di Rumah

Orang Jepang sangat menghargai tradisi yang sudah diwariskan dan berupaya untuk menjaga etiket makan di rumah. Terkadang mereka menerapkan aturan tertentu agar tetap santun saat makan.

Teh

Kebiasaan membuat teh diisi hanya 60 persen air di dalam ceret berfungsi untuk menghindari keperluan mengisi ulang kendi jika tamu bertamu.

Sup

Beberapa rumah menghidangkan sup dengan mangkuk kecil dan disajikan di atas piring. Jangan diganggu saat mangkuk sup digeser di atas piring.

Kue Manis

Kue manis akan dihidangkan sebagai penutup, dan biasanya hanya sepotong kecil saja. Baik pada saat berkunjung ke rumah teman ataupun pada saat acara resmi, usahakan untuk menyelesaikan makanan yang dihidangkan di atas piring Anda.

Etiket Makan di Restoran

Orang Jepang sangat percaya diri di restoran, dan mereka selalu memperhatikan etiket makan yang benar. Tak perlu khawatir, kami akan menjelaskan secara detail apa saja yang harus diperhatikan saat makan di restoran.

Reservasi

Saat akan ke restoran, sebaiknya lakukanlah reservasi terlebih dahulu. Setelah tiba di restoran, pamitlah kepada staf bahwa Anda sudah sampai.

Selera

Pilih hidangan yang sesuai selera atau budaya di dalam restoran, seperti tidak memperoleh daging babi atau makanan yang menggunakan keju dalam masakan ala Jepang.

Tips

Di Jepang, memasukkan uang ke dalam amplop kecil bukanlah sebagai tips, karena biasanya sudah termasuk dalam tagihan total.

Penyajian dan Konsumsi Makanan

Salah satu ciri khas dari makanan Jepang, selain citarasanya yang kaya, juga penyajiannya yang indah dan menawan. Di sini Anda akan mengetahui lebih jauh tentang penyajian dan konsumsi makanan Jepang.

Bentuk Dan Warna

Penyajian makanan Jepang selalu menarik dan rapi. Makanan akan disajikan dengan warna, bentuk, dan ukuran yang bervariasi.

Ukuran Porsi

Porsi setiap makanan selalu disesuaikan dengan jenis makanannya. Karena itu, tak perlu khawatir akan terlalu banyak makanan dalam satu hidangan.

Ekoran (Sisa Makanan)

Jika Anda sudah kenyang namun masih ada makanan di mangkok atau piring, silakan katakan “otsukare sama deshita” (Anda telah bekerja keras) kepada pembantu atau yang telah menghidangkan makanan sebelum Anda.

Peralatan Makan yang Digunakan

Peralatan makan yang digunakan dalam budaya Jepang memiliki nilai sejarah dan simbolis yang tinggi. Yuk, cari tahu peranan dari peralatan makan tersebut untuk menghargai nilai simbolis dan menghilangkan rasa canggung saat melihat peralatan yang tak dikenal.

Sumpit

Sumpit terlihat sederhana, tetapi mereka memiliki sejarah dan simbolisme yang kuat dalam budaya Jepang.

Wadah Bumbu

Setiap orang mungkin pernah melihat wadah bumbu berbentuk kamiyang digunakan di masakan Jepang. Bentuknya adalah simbol omotenashi, yaitu prinsip keramahan Jepang.

Chawan

Chawan (mangkuk teh) adalah salah satu peralatan makan yang paling terkenal di Jepang. Berbeda dari mangkuk umumnya, chawan dibuat dan dihiasi dengan nilai estetika yang tinggi.

Menikmati Makanan dengan Tepat

Menikmati makanan dengan tepat adalah hal penting di budaya Jepang. Di sini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menikmati makanan di Jepang.

Waktu Makan Siang

Makan siang yang teratur menjadi prioritas di Jepang. Perusahaan di Jepang memiliki lahan di luar yang digunakan karyawan untuk makan siang.

Istirahat Makan Malam

Orang Jepang menghabiskan waktu makan malam di rumah mereka, dan seringkali menggunakan waktu tersebut sebagai momen untuk mempererat hubungan keluarga.

Berry Go Round

Tarik perlahan piring yang diputar di atas meja menggunakan sumpit. Saat melakukan adegan ini, jangan sekali-kali memutar ulang ke arah sebaliknya karena dikhawatirkan memberikan kesan sebagai ramalan buruk.

Temukan Restoran Orang Jepang Dalam Wilayahmu

About Us

Luckily friends do ashamed to do suppose. Tried meant mr smile so. Exquisite behaviour as to middleton perfectly. Chicken no wishing waiting am. Say concerns dwelling graceful.

Services

Most Recent Posts

Company Info

She wholly fat who window extent either formal. Removing welcomed.

Your Business Potential with Our Proven Strategies

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

LPK Tadika Puri adalah lembaga pelatihan yang berkomitmen untuk memberikan pendidikan dan pelatihan terbaik bagi calon tenaga kerja yang ingin meningkatkan keterampilan mereka dan mengejar karir di Jepang.

Alamat

  • Kantor Pusat : Jl. H. Nawi Raya No.5, Kota Jakarta Selatan, 12420 
  • Kantor di Jepang : 3-8 No.404, 4choume Urata, Oota-ku Tokyo. 〒No.Post 144-0052
  • Lokasi Pelatihan : Pamulang, Klender, Bandung.

© 2024 Created with Tadika Puri Jaya